Proyek Sphere adalah inisiatif sukarela yang melibatkan beragam lembaga kemanusiaan bersama-sama untuk suatu tujuan bersama yaitu memperbaiki mutu bantuan kemanusiaan dan akuntabilitas pelaku kemanusiaan terhadap konstituennya, yaitu para donor dan masyarakat yang terkena bencana.

Perkembangan Sektor Kemanusiaan dan Dampaknya terhadap Sphere

Sejumlah perkembangan baru dalam sektor kemanusiaan dan bidang lain terkait telah tercatat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk perubahan bencana alam dan konflik, bahkan dalam kegiatan kemanusiaan. Beberapa perkembangan yang menjadi pertimbangan perbaikan buku pegangan ini adalah: berkembangnya fokus konsep dan operasi tanggap darurat daerah 1 dan nasional dan meningkatnya kesadaran bahwa penduduk terkena bencana harus diajak berkonsultasi lebih dahulu dan harusnya dilakukan penguatan kapasitas tanggap darurat negara terkena bencana dan badan/lembaga nasional. Kegiatan kemanusiaan yang lebih proaktif dalam menunjukkan 2 akuntabilitas, khususnya terhadap penduduk terkena bencana, juga lebih proaktif dalam koordinasi, termasuk dalam proses reformasi kemanusiaan (pendekatan sistem kluster), di bawah naungan Komite Pengarah Antar-Lembaga (Inter-Agency Standing Committee (IASC)).

Hal tersebut harus menjadi perhatian bagi semua kalangan, untuk Meningkatnya kewaspadaan terhadap bencana Kemanusiaan dan kesadaran bahwa menurunnya mutu lingkungan yang meningkatkan kerentanan.

Berdasarkan hal tersebut maka STMIK DCI Bekerjasama dengan PKPU Human Initiatif Jawa Barat menyelenggarakan Kegiatan Wokshop Sphere Dasar guna Memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan tantang proses penanggulangan bencana kemanusiaan.

Berlangsung di Aula STMIK DCI 19 Desember 2017 yang diikuti oleh para peserta dari berbagai kalangan mulai dari kalangan Siwa, Mahasiswa, Pencinta Alam, dan Umum.

Leave a Comment